Jumat, Desember 9

Mudik

Pada akhirnya...setelah kurang lebih  4 tahun ga mudik, ditahun ini gw punya kesempatan untuk mudik. Rencana pulang tanggal 31 nanti, tapi gw uda getol banget ngeposting tentang rencana gw itu. Yah...mungkin karena uda 4 tahunan kali yah... Empat tahun itu kan lama sob.. Gw ingat terakhir pulang itu bulan dua tahun 2008 kemarin, saat libur semester 7. Setahun lebih setelah bokap gw RIP. Beliau "pergi" dibulan Januari 2007. Setelah itu gw nggak mudik2 lagi..sampe ga berasa empat tahun uda berlalu. Gw rasa, gw termasuk orang yang tidak "cengeng" diperantauan. Dulu waktu masih SMK di Pematang Siantar -Sumut-, kadar cengeng gw lumayan. Suka kangen sama keluarga padahal kemarin baru pulang kampung. Pertama sekolah dikota itu dulu, gw pulang kampung sekali seminggu. Lama2 gw jadi merasa punya keluarga dikota itu, jadi kadar cengeng gw jadi menurun. Hal itu juga didukung dengan kondisi keuangan gw yang tak baik hahaha.. Tapi intinya, gw uda malas kalo hari libur itu selalu pulang kampung. Selain itu, bonyok juga lama2 suka sewot kalo gw pulang mulu. "Perasaan kemarin baru pulang deh, sekarang uda pulang lagi" Demikian ocehan bonyok "menyindir" gw. Gw cuma bisa manyun mendengar ocehan itu, sambil menggerutu ga jelas dalam hati. Dan pada akhirnya...kadar cengeng gw makin menurun. Finally, kalo ada libur sehari dua hari, gw lebih memilih dikosan atau main kerumah sepupu gw yang tinggal dikota itu juga.

After graduated SMK, gw pun hengkang ke Bekasi. Awalnya...setelah nyokap balik ke kampung, gw masih suka kangen.. Tak bisa dipungkiri, jarak Bekasi ke Haranggaol yang jauh itu tentu mampu membuat gw jadi cengeng lagi. Pengen bersama keluarga, apalagi kakak gw super galaknya minta ampun..makin deh cengeng gw.. Tapi ternyata...gw "dihajar habis2an oleh kenyataan" bahwa gw harus menerima kenyataan jauh dari my big fam yang jarang komentarin gw ini itu segala macam. Pokoknya...seingat gw my home is my freedom.. Tapi itu tak berlaku dirumah kakak gw.. Mampus gw...

Tak terasa waktu berlalu -kadang begitu cepat, kadang begitu amat sangat lambat-. Tak terasa udah 7 tahunan gw pisah dari big fam. Kalo libur semester dan disuruh kakak gw pulang, gw pun pulang. Tapi kalo lagi malas, gw nggak pulang meski libur dan disuruh kakak gw. Lama2 hilang sudah cengeng gw.. Tapi biar bagaimanapun rasa kangen terhadap keluarga itu pasti tetap ada.. Karena gw uda ga cengeng, gw pun melampiaskan kangen dengan menelepon kekampung, sesekali gw selipin kata2 "Aku kangen banget ma, pengen pulang", tapi ucapan itu tidak benar2 membuat gw pengen pulang. Tapi kalo gw pikir2 sih..ucapan itu cukup membantu rasa kangen gw terlampiaskan sama keluarga. Hingga sekarang, gw pun hanya selalu menelepon mereka. Apa saja yang penting atau tidak penting atau hal lain yang ingin diomongin sampai gw merasa suara gw habis dan makin serak.

Pada akhirnya...gw senang bisa pulang kampung nanti. Kebetulan si X yang pernah gw suka sejak SD -bahkan sampai sekarang, padahal gw uda punya cowok sih, tapi bukan berarti gw ga setia lho yah hehehehe- sedang berada disana juga. Ditambah dengan keberadaan si Z yang adalah mantan pacar gw yang bisa gw bilang masih sering membayangi memori gw hingga sekarang, sedang berada disana juga. Gw ga tau bagaimana nanti harus bersikap saat bertemu mereka -itupun kalo ketemu hahahaha-. Gw berharap kami tidak akan bertemu secara berhadapan. Kalopun harus bertemu, mudah2an dari jarak jauh dan tak saling melihat. Maksud gw.....misalnya nih gw lagi jalan, ternyata si X atau si Z ngeliat gw tapi gw nggak liat mereka, atau sebaliknya gw yang ngeliat mereka dan mereka gak ngeliat gw. Jadi tak akan ada "pertemuan". Tapi...................kalo ternyata harus bertemu secara langsung....maka.........gw nggak tau deh mw bilang apa... Liat nanti ajalah... Semua akan terjadi secara refleks saat gw bertemu mereka.. Oh...semoga aku kuat..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar