Senin, November 28

Desember

Desember kali ini adalah bulan yang akan sangat berkesan buat gw, karena dibulan ini gw akan pulang kampung ke Haranggaol, tempat kelahiran gw. Haranggaol ini ada di provinsi Sumut. Jarak tempuh dari Jakarta untuk sampai di Haranggaol kurang lebih 6 jam. 2 jam Jakarta Medan, dan sisanya dari Medan menuju Haranggaol. Perjalanan yang cukup melelahkan ditambah kondisi jalan yang cukup mengkhawatirkan, satu jalur dengan dua arah yang berlawanan. Kondisi yang seperti itu harusnya membuat para pengguna jalan lebih memperhatikan kecepatan kendaraannya, tapi kenyataannya mereka berkendara seolah2 mereka sedang dijalan tol. Tapi tujuan gw memposting kali ini sih bukan untuk membahas soal kendaraan dan jalan itu, tapi tentang haru biru perasaan gw untuk akhir bulan desember nanti ^_^

Dulu waktu gw masih bersama keluarga besar gw, desember itu selalu dilalui bersama, khususnya Natal dan malam akhir tahun atau "Parsirangan ni Taun". Di hari Natal biasanya kami sekeluarga mempunyai jadwal masing2 karena jadwal anak Sekolah Minggu tentu beda dengan jadwal Remaja, SMP Haranggaol, Pemuda, Orang Tua, Natal Wanita, Natal Parbapaon, Natal khusus Anggota Majelis dan Natal Umum pastinya. Jadi kami merayakan Natal itu sebanyak 9 kali. Dan masing2 dari keluarga gw punya jadwal tersendiri untuk Natal itu. Adek gw yang sekolah minggu punya jadwal sendiri, gw yg sudah remaja punya jadwal sendiri dan merayakannya 2x karena gw ikut Natal remaja dan juga ikut Natal SMP, abang2 gw ikut Natal pemuda, Nyokab gw ikut 3x karena beliau ikut Natal orang tua, Natal Wanita dan Natal Umum, sementara Bokap gw ikut Natal orang tua, Natal parbapaon, ikut Natal majelis dan ikut Natal Umum. Beliau super duper sibuk kalo uda menjelang Desember. Tapi itu dulu sih coz bokap uda RIP awal tahun 2007, waktu gw masih kuliah. Sedih banget coz belum bisa berkarya buat beliau, untungnya gw bukan orang yang mau berlarut2 dalam kesedihan. Intinya selama kebersamaan gw sama keluarga besar, desember gw selalu penuh dan padat. Senang banget dengan situasi seperti ini coz ada alasan untuk bisa keluar rumah dan pulang lama. Tapi.....yang bikin gw ketawa sendiri kalo ingat itu adalah gw pasti ketiduran mulu kalo uda lewat jam 22an. Setiap kotbah gw pasti selalu ketiduran karena sumpah itu kotbah menurut gw seolah2 diperuntukkan untuk orang tua. Tapi biar bagaimana pun itu nggak boleh gw jadiin alasan coz kalo emang gw niat dengar gw pasti dengar coz kotbah itu kan bukan untuk orang tua saja. Tapi kenyataannya gw selalu ketiduran setiap sesi kotbah. Ampun God. Setelah Natal kelar baru lah gw terbangun. Kadang terbangun sendiri kadang juga karna dibangunin. Yah......seru2 aja sih selama melewati masa2 Natal itu. Ditambah lagi sama acara "Parsirangan ni Taun" atau malam akhir tahun yaitu 31 des. Dimalam ini, sudah menjadi tradisi di kampungku untuk terlebih dahulu kebaktian bersama di gereja. Biasanya yang kebaktian itu hanya orang tua saja, sedangkan anak2 dirumah menyiapkan segala sesuatu. Berhubung hanya gw cewek dirumah (kakak gw di Jawa) gw pun beres2 sendiri. Membersihkan rumah, merapikan semuanya dan menata ulang semua letak barang. Seru banget deh pokoknya. Selain itu, gw minta ama nyokab biar dibikinin kue kombang layang -khasnya orang batak nih kalo tahun baru- tapi berhubung nyokab gw banyak urusan beliau suka nolak. Alhasil gw jadi ngambek hahahaha. Nah...mungkin nyokab pikir gw emang niat kali ya...eh..beliau bilang bakal nyiapin semua bahan2 itu kue tapi gw sendiri yang ngerjain. Wah.....sontak gw senang banget kalo bisa sampe ngerjain sendiri berhubung karena gw nggak pernah bikin sendiri, dulu hanya bisa liatin sambil comot satu2 hahhahahaha. Ternyata........oh my God...gw yang awalnya bernafsu, dipertengahan udah mulai letoy. Gw pikir bikin kue kombang layang itu perkara mudah, semudah memakannya yang kriuk2, ternyata....sampe gw sisain dengan maksud lanjut besok aja, tapi ternyata kata nyokab ga bisa karena bakal basi dan pada akhirnya dibantuin sama beliau hingga kelar #Thanks' Mom#.. Pernah tuh gw bikinnya belum kelar sampe jam 11an malam. Sebenarnya sih hasil bikinan gw udah banyak, tapi karena bahannya juga masih banyak ya gw niat mw ngabisin itu, tapi akhirnya disaranin nyokab biar dimasak sekaligus jadi kayak kue2an, daripada ga tidur2 karena kombang layang hahahha. #Masih jelas dalam ingatan gw tuh Mam#.  Meskipun sebenarnya pas acara Parsirangan ni Taun makanan itu hanya sekedar pelengkap, tapi menurut gw kurang afdol kalo kumpul2 dimalam akhir tahun baru tanpa makanan ringan seringan kombang layang. Kan ga seru kalo hanya minum sirup. Mungkin buat nyokab bokap sih makan minum itu bukan sesuatu yang wajib ada dimalam akhir tahun, karena yang jadi bagian terpentingnya adalah kebersamaan kami sekeluarga, berdoa bersama, mengakui kesalahan dan saling memaafkan dan kemudian bersalaman. Setelah itu tidur, udah.. Tapi biasanya kan namanya anak2 yah khususnya gw yang baru remaja, tanpa makanan kan ga seru, jadi disediainlah makanan dan minuman. Jadi sehabis  bersalaman itu, kami pun makan minum sambil bercanda bersama. Tapi bokap gw paling ga tahan kalo begadang lama. Beliau hanya makan satu dua biji, seruput sirup secukupnya dan langsung take a bed zzzzzzzz. Kalo nyokap gw masih mending. Beliau tahan juga kalo begadang. Mungkin penyebabnya adalah hal berikut ini : Mungkin sudah menjadi tradisi orang batak kalo ada orang meninggal nggak langsung dikubur pada hari itu juga. Minimal 2 atau sampai 3 hari kemudian baru dikubur. Kenapa begitu? Karena....seperti kata gw tadi "tradisi orang batak". Tapi mungkin juga karena hal seperti ini : Biasanya kan ada tuh keluarga dari pihak yang kemalangan itu tinggal dikota yang jauh, dan ada saja kemungkinan mereka yang dikota jauh itu tidak bisa datang bersama2. Jadi sekalian sambil menunggu supaya semua keluarganya bisa berkumpul. Nah...seperti kata gw tadi, nunggu dua sampai tiga hari baru dikubur, berarti ada malam yang dilewati bersama antara pengunjung yang datang dengan pihak keluarga yang kemalangan itu. Semalaman itu mereka nggak tidur dari pagi sampe pagi lagi. Mungkin ada yang sebagian tidur, sebagian lagi terjaga trus kemudian gantian, seperti itu terus. Nah....nyokap gw nih paling sering mengalami nginap ini. Beliau kagak tidur2 sampe besoknya. Bukan karena beliau adalah nyokap gw, tapi emang gw liat rasa simpati bahkan empati nyokap gw sangat tinggi. Dikompleks manapun ada keluarga kemalangan dikampung gw, nyokap gw pasti hadir disana. Kalo nggak nginap, minimal beliau disana sampe malam. Baru kemudian pulang setelah larut. Gw suka nggak nyadar aja tiba2 bangun pagi nyokap uda ada aja disamping gw, padahal semalam gw ingat banget gw tidur sendirian. Tapi lebih seringlah nyokap gw nginap diacara kemalangan seperti itu. Jadi...itu pastinya yang menyebabkan nyokap gw paling tahan kalo begadang termasuk malam "Parsirangan ni Taun". Gw yang masih remaja tentu tak sekuat beliau untuk begadang. Jadi, supaya gw tahan untuk melewati "Parsirangan ni Taun" dan bisa menyambut tahun baru gw pun prepare dari jam 8an. Sebelum nyokap bokap pergi gereja, gw udah tidur dan pastinya uda setel alarm gw jam 10an. Hanya dua jam ternyata. Setelah jam 10an acara gereja sudah kelar dan disaat itu gw pun sudah bangun. Kemudian gw bergegas untuk menyiapkan segala sesuatu untuk kumpul2 nanti. Hhhmmm gw tiba2 ingat, biasanya malam "Parsirangan ni Taun" itu hanya dilewati oleh bokap, nyokap, abang gw dua orang, gw dan adek gw laki, total 6 orang. Sedangkan kakak gw dan abang gw paling tua sudah lama merantau ke pulau Jawa. Tapi yang jelas, selama kebersamaan gw sama nyokap bokap, malam Parsirangan ni Taun selalu pasti ada bokap nyokap dan gw serta abang yang persis diatas gw dan adek gw. Setelah gw SMK, malam Parsirangan ni Taun tentu ingin sedikit berbeda. Ternyata, biasanya ada teman2 gw yang bikin acara bakar2 ikan di pantai, jaraknya  cukup jauh dari rumah gw. Nah...pernah suatu waktu gw dan temen2 gw janjian untuk bakar2 ikan nanti pas malam Parsirangan ni Taun. Ternyata pas hari H-nya.....uhhh bokap nggak ijinin gw keluar. Gw sedih, kecewa, sakit ati, marah semuanya jadi satu. Sebel banget deh sama bokap waktu itu yang gak ngerti perasaan gw  yang sedang berkembang (hahhahahaha). Tapi setelah gw cukup dewasa untuk memahami segala sesuatu, gw jadi ngerti kenapa dulu bokap -nyokap gw juga ikut2an dulu larang gw- gak ijinin gw keluar. Mana ada sih orang tua yang ijinin anak perempuannya keluar jam 12 malam untuk ikut acara bakar2 ikan bersama teman2 lain yang tentunya ada cowoknya juga? Yah...kalo dulu gw ikut sih itu pasti akan menjadi kenangan indah buat gw, tapi buat bokap dan nyokap, itu bisa saja menimbulkan "bencana" yang tidak pernah diduga2. Who knows???


Pada akhirnya seperti itulah masa2 desember gw saat masih kumpul bareng keluarga besar gw. Sekarang setelah gw hijrah ke Jawa sejak tahun 2004 sampe sekarang, gw uda 4 tahunan belum pernah pulang kampung lagi. Kali ini gw berharap gw bisa pulang untuk merayakannya bersama nyokap dan sodara2 gw yang lain dan dengan hati yang cukup sedih kali ini tanpa ada bokap. Andai ada teman yang mengajak gw untuk ikut bakar2 ikan nanti, gw harap gw bisa nolak. Andai bokap gw masih ada, tentu mungkin dia masih akan melarang gw coz gw masih gadis alias belum merid hehehehe. Tapi kalo pun misalnya ada bokap dan teman2 ngajak bakar2 ikan gw pasti akan nolak tanpa harus nunggu bokap larang gw. Atau jika bokap gw malah ngijinin, gw malah akan bilang "malas pa". Moment Parsirangan ni Taun kali ini tentu tidak akan gw lewatkan dengan sia2. Gw ingin melewatinya bersama nyokap khususnya, berdoa bersama, meminta maaf, bersalaman dan tentu gw akan mencium pipi nyokap gw. Setelah itu, kita akan langsung tidur. Tak ada lagi acara makan minum seperti yang sudah2 coz besoknya kita pasti akan makan makanan khas batak yang sudah pasti akan terasa sangat yummi dilidah gw.. Waahhhhhhhhh.....uda nggak sabar nih gw nunggu pulang kampung... Pengen cium dan peluk nyokap, ngerjain pekerjaan rumah yang tadinya dikerjain beliau, bersihin rumah seperti yang biasa gw lakuin dulu waktu menjelang Parsirangan ni Taun, membersihkan semua peralatan rumah, ziarah ke makam bokap (gw harap gw bisa nangis nanti dimakam beliau), berkunjung kerumah inang tua di Bandar saribu, main kerumah abangku sekalian liatin ponakanku yang pastinya lucu2, dan......pada akhirnya aku akan melepas rinduku pada anjing2ku yang selalu menggemaskan itu, special Bembi dan juga Boncel. Uda nggak sabar pengen meluk, gendong dan cium mereka aaaarrrggghhh... 


Mom...maafkan sebelumnya yah....aku pulang akhir tahun nanti coz aku baru libur tanggal 30 dan langsung terbang esok harinya. Tentu jika sampe tanggal 30an aku tak kunjung datang, pasti nyokap mikir aku nggak jadi pulang. Padahal esoknya, aku akan buat dia kageeeeeeeetttttttt hahahhahahah. Love Mom ku... Wait for me ya...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar