Kamis, Desember 12

Rasaku, lagi!

Sebelum aku gabung ke perusahaan ini, bagian accountingnya pada ngapain ya? Kok bisa-bisanya data operasional perusahaan di sistem accounting-nya pada berantakan dan ngasal.. Heran aku..

Awalnya aku ga merasa kena dampak yang berarti..coz si big bos gak mempermasalahkan data2 lama dan beliau cuma minta aku untuk mulai bikin laporan keuangan dari bulan Juni 2013 dan seterusnya. Aku join disini bulan Mei 2013 kemarin. Tapi berhubung aku masih baru, untuk laporan bulan Mei ini si big bos ga minta, karena aku juga butuh waktu sebulan itu untuk bisa memahami bagaimana sistem operasional perusahaan ini. Selain itu butuh waktu untuk aku bisa mengenali setiap akun2 yang ada. Itu karena akun2 dalam sebuah perusahaan, tidak selalu sama dengan akun2 di perusahaan lain. Malah, ada perusahaan yang bergerak dibidang yang sama, tapi bisa saja ada kemungkinan perbedaan perlakuan terhadap akun2 dalam sistem akuntansinya. Jadi butuh waktu buat aku untuk bisa memberi apa yang bos minta sesuai dengan tugasku disini. Malah waktu interview, beliau bilang aku akan ditraining selama 3 bulan. Harusnya dalam waktu 3 bulan itu aku masih harus belajar ini itu. Cuma memang aku ga baru2 banget dibidang accounting, jadi ga perlu sampe 3 bulan sudah harus "wajib" untuk bisa menunjukkan hasil kinerja. Beliau bilang mulai bulan Juni 2013 sampe seterusnya sudah harus ada financial statement every month-nya. Dalam hati, memang sudah harusnya every month kan?! Tapi ya itu tadi...sebelum aku join disini..accountingnya gatau ngerjain apa atau gimana.. Jadi ceritanya setiap big bos minta laporan keuangan ya ga bisa dikasi..Cuma yang aku heran..kesannya si big bos kok malah "diam" gitu ya?! Harusnya begitu si bos minta laporan tapi si accounting ga bisa ngasi, si bos bertindak dong.. Apa kek, gitu... Masa "diam" aja sih bos?? 

 Aku baru punya berasa sekarang ada efeknya.. Kenapa? Karena ini kan uda mau ganti tahun. Artinya sudah harus bikin laporan keuangan tahunan plus laporan keuangan eksternal alias ke kantor pajak. Namanya tahunan kan terhitung sejak Januari sampe Desember. Itu berarti aku harus nyiapin laporan keuangan dari periode Januari sampe Desember.. Sementara data2 lama yakni dari Januari ampe Mei itu berantakan banget.. Aduh...buka2 data lama itu sama kayak cari jarum diantara jerami lho..

Galau deh aku kalo begini...Tapi mau gimana lagi kan...mau gak mau ya harus mau lah...

Semangat semangat....pasti bisa kok..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar